Beethoven

Dilukis oleh Joseph Karl Stieler, 1820

Ludwig van Beethoven (17 Desember 1770 - 26 Maret 1827) adalah seorang komponis dan pianis Jerman. Seorang tokoh penting dalam transisi antara era Klasik dan Romantic dalam seni musik barat, ia salah satu yang paling terkenal dan berpengaruh dari semua komposer. Komposisi paling terkenal yaitu 9 simfoni, 5 piano concerto, 1 biola concerto, 32 sonata piano, 16 kuartet gesek, Mass yang besar yang Missa Solemnis dan opera, Fidelio.

Lahir di Bonn, the Electorate of Cologne dan bagian dari  Kekaisaran Romawi Suci, Beethoven menampilkan bakat musiknya pada usia dini dan diajarkan oleh ayahnya Johann van Beethoven dan oleh komposer dan konduktor Kristen Gottlob Neefe. Pada usia 21 tahun, ia pindah ke Wina dan mulai belajar dengan Joseph Haydn, dengan cepat mendapatkan reputasi yang baik sebagai pianis virtuoso. Dia tinggal di Wina sampai kematiannya. Dengan usia 30-an pendengarannya mulai memburuk, dan pada dekade terakhir hidupnya ia hampir tuli. Pada tahun 1811 ia menyerah sebagai konduktor dan tampil di publik tetapi terus menulis, banyak karya yang paling dikagumi yang berasal dari 15 tahun terakhir hidupnya ini.

Latar belakang dan kehidupan awal

Tempat kelahiran Beethoven
Beethoven adalah cucu dari Ludwig van Beethoven (de) (1712-1773), seorang musisi dari kota Mechelen di the Duchy of Brabant di wilayah Flemish yang sekarang Belgia, yang pada usia dua puluh pindah ke Bonn. Ludwig (ia mengadopsi the German cognate of the Dutch Lodewijk) bekerja sebagai penyanyi bass di the court of the Elector of Cologne, akhirnya pada 1761 naik menjadi dirigen (music director) dan selanjutnya menjadi musisi terkemuka di Bonn. Ia meminta menjelang akhir hidupnya untuk menempatkan lukisannya di kamar cucunya sebagai jimat warisan musiknya. Ludwig punya satu anak, Johann (1740-1792), yang bekerja sebagai tenor dalam kelompok musik yang sama dan menjadi guru piano dan biola untuk menambah penghasilannya. Johann menikahi Maria Magdalena Keverich (de) pada tahun 1767. Ia adalah putri dari Johann Heinrich Keverich (1701-1751), yang pernah menjadi kepala koki di istana Keuskupan Agung Trier.

Beethoven lahir dari pernikahan ini di Bonn. Tidak ada catatan yang jelas dari tanggal kelahirannya; Namun, registrasi dibaptis, dalam layanan Katolik Roma di the Parish of St. Regius pada 17 Desember 1770. Sebagai anak-anak dari era yang secara tradisional dibaptis sehari setelah lahir di negara Katolik Rhine, dan diketahui pula bahwa keluarga Beethoven dan gurunya Johann Albrechtsberger merayakan ulang tahunnya pada 16 Desember, sehingga 16 Desember 1770 ditentukan sebagai tanggal Beethoven lahir. Dari tujuh anak yang lahir Johann van Beethoven, hanya Ludwig, anak kedua, dan dua adiknya yang selamat dari kematian pada saat bayi. Caspar Anton Carl lahir pada 8 April 1774, dan Nikolaus Johann, yang termuda, lahir pada tanggal 2 Oktober 1776.

Istana Prince-Elector
Guru musik pertama Beethoven adalah ayahnya. Meskipun ada kabar mengatakan bahwa Johann van Beethoven adalah seorang instruktur yang keras, dan anak Beethoven, "sering disuruh berdiri di  depan keyboard, sering dalam keadaan menangis," Grove Dictionary of Music dan Musicians mengklaim bahwa tidak ada dokumentasi yang mendukung ini. Beethoven memiliki guru lokal lainnya: pemain organ istana Gilles van den Eeden (1782), Tobias Friedrich Pfeiffer (seorang teman keluarga, yang mengajari Beethoven bermain piano), dan Franz Rovantini (kerabat, yang mengajari bermain Violin dan biola). Bakat musik Beethoven sudah terlihat jelas di usia muda. Johann, menyadari keberhasilan Leopold Mozart didaerahnya (dengan anaknya Wolfgang dan putrinya Nannerl), Johann berusaha untuk mengeksploitasi anaknya sebagai anak ajaib, mengaku bahwa Beethoven berusia enam tahun (padahal sebenarnya berusia tujuh tahun) yang dicetak dalam poster Penampilan pertama Beethoven pada Maret 1778.

Beberapa saat setelah 1779, Beethoven memulai studinya dengan gurunya yang paling penting di Bonn, Christian Gottlob Neefe, yang diangkat sebagai pemain piano istana di tahun itu. Neefe mengajari komposisi pada Beethoven, dan pada Maret 1783 membantunya menulis komposisi pertamanya yang diterbitkan, yaitu satu set variasi Keyboard (WoO 63). Beethoven segera mulai bekerja membantu Neefe sebagai asisten piano, pada awalnya tidak dibayar (1781), dan kemudian sebagai karyawan dibayar (1784) pada penampilan di istana kapel dengan dirigen Andrea. Luchesi. Tiga piano sonata, bernama "Kurfürst" (Pemilih) yang didedikasikan kepada Maximilian Friedrich (1708-1784), diterbitkan pada tahun 1783. Maximilian Frederick melihat bakat Beethoven awal, dan subsidi dan mendorong pendidikan musik padanya.

Beethoven berumur 13 tahun
Penerus Maximilian Frederick sebagai Pemimpin Bonn adalah Maximilian Franz, putra bungsu Ratu Maria Theresa dari Austria, dan ia membawa perubahan penting ke Bonn. Bergema perubahan yang dilakukan di Wina oleh saudaranya Joseph, ia memperkenalkan reformasi berdasarkan filsafat Pencerahan, dengan dukungan peningkatan pendidikan dan seni. Beethoven remaja dipengaruhi oleh perubahan ini. Dia juga dipengaruhi dengan ide-ide terkemuka freemasonry, seperti Neefe dan orang-orang disekitar Beethoven yang anggota the local chapter of the Order of the Illuminati.

Pada Maret 1787 Beethoven melakukan perjalanan ke Wina (mungkin dibiayai orang lain) untuk pertama kalinya, tampaknya dengan harapan untuk belajar dengan Mozart. Hubungan mereka tidak yakin, termasuk apakah mereka benar-benar bertemu. Setelah mengetahui bahwa ibunya sedang sakit, Beethoven kembali sekitar dua minggu setelah kepergiannya. Ibunya meninggal tak lama setelah itu, dan ayahnya menjadi pemabuk. Akibatnya, Beethoven menjadi bertanggung jawab untuk mengurus kedua saudaranya yang lebih muda, dan menghabiskan lima tahun ke depan di Bonn.

Pada tahun ini Beethoven diperkenalkan kepada beberapa orang penting dalam hidupnya. Franz Wegeler, seorang mahasiswa kedokteran muda, memperkenalkannya kepada keluarga von Breuning (yang salah satu putri Wegeler akhirnya menikah dengannya). Beethoven sering mengunjungi kediaman von Breuning, dimana ia mengajari piano untuk anak-anak. Di sini ia bertemu sastra Jerman dan klasik. Lingkungan keluarga Von Breuning lebih bagus jika dibandingkan dengan keadaan keluarganya sendiri, yang semakin didominasi oleh penurunan keadaan ayahnya. Beethoven juga datang ke to the attention of Count Ferdinand von Waldstein, yang menjadi teman seumur hidup dan pendukung keuangan.
Tahun 1789 Beethoven memperoleh tatanan hukum dimana setengah dari gaji ayahnya dibayar langsung kepadanya untuk mendukung dari keluarga. Dia juga memberikan kontribusi lebih lanjut untuk pendapatan keluarga dengan bermain biola di the court orchestra. Ini membiasakan Beethoven dengan berbagai opera, termasuk tiga opera Mozart dalam periode ini. Dia juga berteman dengan Anton Reicha, seorang flautist dan pemain biola yang seusia dengannya dan merupakan keponakan konduktor the court orchestra, Josef Reicha.

Membangun karir di Wina


Beethoven muda
Dari tahun 1790-1792, Beethoven menyusun komposisi yang sangat banyak (namun tidak ada yang diterbitkan pada saat itu, dan yang kini terdaftar sebagai karya tanpa opus) yang menunjukkan pertumbuhan range dan maturity. Para ahli musik telah mengidentifikasi tema serupa dengan Symphony Ketiga dalam satu set variasi yang ditulis pada tahun 1791. Beethoven mungkin pertama kali diperkenalkan kepada Joseph Haydn pada akhir 1790, ketika ia pergi ke London dan berhenti di Bonn sekitar Natal. Satu setengah tahun kemudian, mereka bertemu di Bonn pada saat Haydn melakukan perjalanan pulang dari London ke Wina pada bulan Juli 1792, dan ada kemungkinan bahwa Beethoven belajar pada guru lamanya pada saat itu. Dengan bantuan the Elector, Beethoven meninggalkan Bonn untuk pergi ke Wina pada bulan November 1792, di tengah rumor perang Perancis; ia belajar tak lama karena ayahnya meninggal. Mozart juga baru meninggal pada saat itu. Waisat Waldstein, dalam surat perpisahan untuk Beethoven, ia menulis: "Melalui ujian  dan gangguan Anda akan menerima semangat Mozart melalui tangan Haydn". Selama beberapa tahun ke depan, Beethoven merespons merasa bahwa dia adalah seorang penerus Mozart dengan mempelajari komposisinya dan menulis karya-karya besar dengan aliran Mozartean yang terlihat jelas.

Beethoven tidak segera menjadi komposer, melainkan mengabdikan dirinya untuk belajar dan melakukan pertunjukan. Bekerja di bawah arahan Haydn, ia berusaha untuk menguasai tandingannya. Dia juga belajar biola di bawah arahan Ignaz Schuppanzigh. Pada awal periode ini, ia juga mulai menerima instruksi dari Antonio Salieri, seorang vokalis Italia dengan gaya komposisi unik. Hubungan ini bertahan sampai setidaknya tahun 1802, dan mungkin sampai tahun 1809. Dengan keberangkatan Haydn ke Inggris pada 1794, Beethoven diharapkan untuk pulang. Dia malah memilih untuk tetap tinggal di Wina, melanjutkan bekerja sesuai instruksi dengan tandingannya Johann Albrechtsberger dan guru lainnya. Meskipun gajinya dari
the court berakhir, sejumlah bangsawan Wina sudah mengakui kemampuannya dan menawarkan dukungan keuangan, di antaranya Pangeran Joseph Franz Lobkowitz, Pangeran Karl Lichnowsky, dan Baron Gottfried van Swieten.

Pada tahun 1793, Beethoven telah mempunyai reputasi sebagai improvisasi di the salons of the nobility (kaum bangsawan), sering memainkan the preludes and fugues of J. S. Bach's Well-Tempered Clavier dalam pertunjukannya. Temannya, Nikolaus Simrock, mulai menerbitkan komposisinya. yang pertama yaitu a set of variations (WoO 66). Pada tahun 1793, ia telah menjadi virtuoso piano di Wina, tapi karyanya ditahan dari publikasi sehingga publikasi mereka pada tahun 1795 memiliki dampak yang lebih besar. Penampilan publik pertama Beethoven di Wina adalah pada Maret 1795, konsernya pertama kali dilakukan yaitu salah satu dari piano concertonya. Tidak pasti apakah ini adalah penampilan pertama atau kedua. Bukti dokumenter tidak jelas, dan kedua konserto berada dalam keadaan yang sama yaitu tidak selesai (tidak selesai atau diterbitkan selama beberapa tahun). Tak lama setelah Penampilannya ini, ia mempublikasikan komposisi pertamanya yaitu sebuah opus number, the three piano trios, Opus 1. Karya-karya ini didedikasikan untuk pelindungnya Pangeran Lichnowsky, dan penampilannya ini mencapai kesuksesan secara keuangan; Keuntungan Beethoven hampir cukup untuk menutupi biaya hidup selama satu tahun. 

Musical maturity


Komposisi pertama Beethoven terdiri enam string quartets (Op. 18) antara 1798 dan 1800 (ditugaskan oleh, dan didedikasikan untuk, Pangeran Lobkowitz). Karyanya ini diterbitkan pada tahun 1801. Pertunjukan Simfoni perdananya yang pertama dan kedua pada tahun 1800 dan 1803, Beethoven menjadi sebagai salah satu Komposer yang paling penting dari generasi komposer muda setelah Haydn dan Mozart. Dia juga terus menulis dalam bentuk lain, yang dikenal secara luas sebagai piano sonata  seperti "Pathétique" sonata (Op. 13), yang digambarkan Cooper sebagai "melampaui semua komposisi sebelumnya, kekuatan karakter, kedalaman emosi, tingkat orisinalitas, dan kecerdikan manipulasi motivic dan tonal". Ia juga menyelesaikan Septet (Op. 20) pada tahun 1799, yang merupakan salah satu karya yang paling populer selama hidupnya.

Beethoven Tahun 1803
Pertunjukan perdana First Symphony, Beethoven memilih Burgtheater pada 2 April 1800, dimana sering dilakukan pementasan ekstensif musik, termasuk karya-karya Haydn dan Mozart, serta Septet, First Symphony, dan salah satu piano concerto (tiga karya terakhir tidak dipublikasikan). Konser yang digambarkan oleh the Allgemeine musikalische Zeitung sebagai "konser yang paling menarik dalam waktu yang lama," itu bukan tanpa kesulitan; sementara kritik adalah bahwa "para pemain tidak memperhatikan pemain solois tersebut."

Mozart dan Haydn paling berpengaruh secara tak terbantahkan. Misalnya, Beethoven quintet for piano and winds dikatakan memiliki kemiripan yang kuat dengan Mozart yaitu konfigurasi yang sama, meskipun dengan sentuhan khasnya sendiri. Tapi melodi Beethoven, pengembangan musik, penggunaan modulasi dan tekstur, dan karakterisasi emosi semua membuatnya berbeda, dan pengaruh terbanyak terlihat pada beberapa karya awal yang dibuat ketika pertama kali diterbitkan. Pada akhir 1800, Beethoven dan musiknya sudah mempunyai banyak permintaan dari pelanggan dan penerbit.


Beethoven Tahun 1804-1805
Pada bulan Mei 1799, Beethoven mengajar piano untuk anak-anak perempuan dari Hungaria Countess, Anna Brunsvik. pada waktu ini, Beethoven jatuh cinta dengan putri termuda, Josephine, yang kemudian telah diidentifikasi sebagai salah satu penerima suratnya kepada "Immortal Beloved" (tahun 1812). Tak lama setelah pelajaran ini, Josephine menikah dengan Count Josef Deym. Beethoven tetap mengunjungi rumah mereka, terus mengajar Josephine, dan bermain di pesta-pesta dan konser. Pernikahannya terlihat bahagia (meskipun memiliki masalah keuangan pada awalnya), dan pasangan ini memiliki empat anak. Hubungannya dengan Beethoven menjadi lebih intensif setelah Deym meninggal secara mendadak pada tahun 1804.

Beethoven memiliki beberapa siswa lainnya. Dari tahun 1801-1805, ia mengajar Ferdinand Ries, yang kemudian menjadi seorang komposer dan kemudian menulis Beethoven remembered, sebuah buku tentang pertemuan mereka. Carl Czerny belajar dari Beethoven dari tahun 1801 ke 1803. Czerny kemudian menjadi guru musik terkenal, mengajari Franz Liszt, dan melakukan pertunjukan pada 11 Februari 1812 the Vienna premiere of Beethoven's fifth piano concerto (the "Emperor").

Komposisi Beethoven antara tahun 1800 dan 1802 didominasi oleh dua karya orkestra berskala besar, meskipun ia terus menghasilkan karya-karya penting lainnya seperti piano sonata Sonata quasi una fantasia yang dikenal sebagai "Moonlight Sonata". Pada musim semi 1801 ia menyelesaikan The Creatures of Prometheus, musik balet. Karyanya ini ditampilkan dalam berbagai pertunjukan pada tahun 1801 dan 1802, dan Beethoven segera menerbitkan piano arrangement untuk memanfaatkan popularitasnya. Pada musim semi 1802 ia menyelesaikan the Second Symphony, dimaksudkan untuk ditampilkan pada konser yang dibatalkan. Simfoni ini ditampilkan premier dalam konser  April 1803 di Teater an der Wien, dimana Beethoven telah ditunjuk sebagai komposer. Selain the Second Symphony, konser ini juga menampilkan the First Symphony, the Third Piano Concerto, dan the oratorio Christ on the Mount of Olives. Ulasan bercampur antara bagus dan kurang bagus, tapi konser ini sukses secara keuangan; Beethoven mampu menghasilkan tiga kali biaya konser.

Urusan bisnis Beethoven dengan penerbit juga mulai membaik pada tahun 1802 ketika saudaranya Carl, yang sebelumnya telah membantu dia, mulai mengambil peran yang lebih besar dalam pengelolaan bisnisnya. Selain negosiasi harga yang lebih tinggi untuk karya baru-baru, Carl juga mulai menjual beberapa karya yang sebelumnya tidak dipublikasikan oleh Beethoven, dan mendorong Beethoven untuk membuat penyusunan dan transkripsi karya lebih populer untuk kombinasi instrumen lainnya. Beethoven menyetujui permintaan ini, karena dia tidak bisa mencegah penerbit dari mempekerjakan orang lain untuk melakukan pengaturan serupa dari karya-karyanya.

Kehilangan pendengaran


Beethoven 1815
Sekitar tahun 1796, pada usia 26, Beethoven mulai kehilangan pendengarannya. Ia menderita sangat parah dari penyakit tinnitus, sebuah "dering" di telinganya yang membuatnya sulit baginya untuk mendengar musik.; ia juga mencoba untuk menghindari percakapan. Penyebab ketulian Beethoven tidak diketahui, tetapi telah dikaitkan dengan tifus, gangguan auto-imun (seperti lupus eritematosus sistemik), dan kebiasaannya membenamkan kepalanya dalam air dingin untuk tetap terjaga. Penjelasan dari otopsi Beethoven yaitu bahwa ia memiliki "telinga bagian buncit," yang dikembangkan lesi dari waktu ke waktu.

Pada awal 1801, Beethoven menulis kepada temannya yang menggambarkan gejala dan kesulitan yang mereka disebabkan di kedua pengaturan profesional dan sosial (meskipun ada kemungkinan beberapa teman dekatnya sudah menyadari masalah ini)., Beethoven, atas saran dari dokter, tinggal di kota kecil Austria kecil Heiligenstadt, diluar Wina, dari bulan April sampai Oktober 1802 dalam upaya untuk membuat lebih baik kondisinya. Di sana ia menulis Heiligenstadt Testament, sebuah surat kepada saudara-saudaranya yang isinya yaitu pikirannya untuk bunuh diri karena semakin tuli dan mencatat resolusi untuk terus hidup untuk dan melalui seni. Seiring berjalannya waktu, kehilangan pendengarannya menjadi mendalam:. Di akhir pemutaran perdana Ninth Symphony pada tahun 1824, ia harus berbalik untuk melihat tepuk tangan penonton karena ia tidak bisa mendengarnya atau orkestra itu sendiri. Gangguan pendengaran Beethoven tidak mencegah dia dari menggubah musik, tapi itu membuat bermain di konser semakin sulit. Setelah kegagalan pada tahun 1811 untuk melakukan Concerto Piano No. 5 (the "Emperor"), yang perdana ditampilkan oleh muridnya Carl Czerny, ia tidak pernah tampil di depan umum lagi sampai ia menjadi konduktor 
the Ninth Symphony pada tahun 1824.

Koleksi alat bantu dengar Beethoven, seperti special ear horn, dapat dilihat di Beethoven House Museum di Bonn, Jerman. Meskipun terlihat jelas, Czerny mengatakan bahwa Beethoven masih bisa mendengar percakapan dan musik normal sampai tahun 1812. N
amun sekitar tahun 1814, pada usia 44 tahun, Beethoven hampir benar-benar tuli, dan ketika sekelompok pengunjung melihat dia memainkan arpeggio secara bass keras pada catatan pianonya, berkomentar : "Ist es nicht schön?" (Apakah ini tidak indah?), Mereka merasa simpati yang mendalam mengingat keberanian dan rasa humornya (ia kehilangan kemampuan untuk mendengar frekuensi yang lebih tinggi pada tahap pertama).

Sebagai hasil dari gangguan pendengaran Beethoven, buku percakapannya adalah sumber tertulis yang luar biasa. Digunakan terutama dalam sepuluh tahun terakhir hidupnya, teman-temannya menulis dalam buku itu sehingga ia bisa tahu apa yang mereka katakan, dan ia kemudian menjawab secara lisan atau tulisan dalam buku itu. Buku itu berisi diskusi tentang musik dan hal-hal lainnya, dan memberikan pengetahuan dalam pemikiran Beethoven; Buku itu adalah sumber untuk penyelidikan bagaimana ia bermaksud untuk musiknya harus dilakukan, dan juga persepsi tentang hubungannya dengan seni. Dari total 400 buku percakapan, disarankan 264 buku harus dihancurkan (dan ada yang diubah) setelah kematian Beethoven oleh Anton Schindler.

Perlindungan

Archduke Rudolph
Sementara Beethoven memperoleh pendapatan dari publikasi karya-karyanya dan dari pertunjukan konser, ia juga bergantung pada kemurahan hati patrons untuk pendapatan, dan ia memberikan penampilannya dan salinan karyanya kepada mereka secara eksklusif sebelum dipublikasikan. Beberapa patron, termasuk Pangeran Lobkowitz dan Pangeran Lichnowsky, memberinya tunjangan tahunan selain commissioning karya dan membeli karya yang diterbitkan.

Mungkin pelindung Beethoven yang paling penting adalah aristokrat Archduke Rudolph, putra bungsu dari Kaisar Leopold II, yang pada tahun  1803 atau 1804 mulai belajar piano dan komposisi dengan Beethoven. The cleric (Cardinal-Priest) dan Beethovem menjadi teman, dan pertemanan  mereka berlanjut sampai 1824. Beethoven mendedikasikan 14 komposisi karyanya untuk Rudolph, termasuk The Archduke Trio (1811) dan Missa Solemnis (1823). Rudolph, pada gilirannya, mendedikasikan salah satu komposisi karyanya sendiri untuk Beethoven. Surat-surat Beethoven yang ditulis untuk Rudolph disimpan di Gesellschaft der Musikfreunde di Wina. Pelindung lainnya adalah Count (kemudian menjadi Pangeran) Andreas Razumovsky, yang dijadikan nama the String Quartets Nos. 7-9, Op. 59, Rasumovsky.

Pada musim gugur 1808, setelah ditolak untuk posisi di teater kerajaan, Beethoven menerima tawaran dari saudara Napoleon yaitu Jérôme Bonaparte, Raja Westphalia, untuk posisi bergaji tinggi sebagai Kapellmeister di Court di Cassel. Untuk membujuknya supaya tinggal di Wina, Archduke Rudolph, Pangeran Kinsky dan Pangeran Lobkowitz, setelah menerima representasi dari teman Beethoven, berjanji untuk membayar pensiun Beethoven sebesar 4000 florin setahun. Hanya Archduke Rudolph yang membayar bagiannya dari pensiun itu pada tanggal yang disepakati. Kinsky, dipanggil untuk tugas militer, tidak memberikan kontribusinya dan meninggal setelah jatuh dari kudanya. Lobkowitz berhenti membayar pada bulan September 1811. Tidak ada penerus untuk melanjutkan patronase, dan Beethoven mengandalkan menjual hak komposisi dan pensiun kecil setelah tahun 1815. Efek ini pengaturan keuangan ini rusak oleh perang dengan Perancis, yang menyebabkan inflasi signifikan ketika pemerintah mencetak uang untuk mendanai perang.

Periode Tengah


Tugu di Bonn
Beethoven kembali ke Wina dari Heiligenstadt ditandai dengan perubahan gaya musiknya, dan ditetapkan sebagai awal tengahnya atau "heroik" periode. Menurut Carl Czerny, Beethoven mengatakan, "Saya tidak puas dengan pekerjaan yang saya lakukan sejauh ini. Mulai sekarang saya berniat untuk mengambil cara baru."  fase "heroik" ini  ditandai dengan sejumlah besar karya asli yang terdiri dalam skala besar. Karya besar pertama menggunakan gaya baru ini adalah   the Third Symphony in E flat, yang dikenal sebagai Eroica. Pekerjaan ini lebih panjang dan lebih besar dalam lingkup dibandingkan dengan simfoni sebelumnya. Ketika tampil dalam pertunjukan perdana pada awal 1805 karyanya ini mendapat sambutan beragam. Beberapa pendengar keberatan dengan panjangnya atau kesalahpahaman strukturnya, sementara yang lain melihatnya sebagai sebuah karya besar. 

"Periode tengah" kadang-kadang dikaitkan dengan "heroik" cara penyusunannya, tetapi penggunaan istilah "heroik" telah menjadi semakin kontroversial dalam Pembelajaran Beethoven. Istilah ini lebih sering digunakan sebagai nama alternatif untuk periode tengah. Kesesuaian istilah "heroik" untuk menggambarkan periode tengah telah dipertanyakan:. beberapa karya, seperti the Third and Fifth Symphonies, mudah untuk digambarkan sebagai "heroik", tetapi banyak karya lain, seperti Symphony No 6, Pastoral, tidak mudah digambarkan.

Beberapa karya periode tengah memperluas bahasa musik Beethoven yang mewarisi dari Haydn dan Mozart. Karya pada periode menengah meliputi  the Third through Eighth Symphonies, the Rasumovsky, Harp and Serioso string quartets, the Waldstein and Appassionata piano sonatas, Christ on the Mount of Olives, the opera Fidelio, the Violin Concerto dan banyak komposisi lainnya. Selama
periode ini pendapatan Beethoven datang dari penerbitan karya-karyanya, dari penampilan pertunjukan, dan dari pelanggan. Posisinya di Teater an der Wien dihentikan ketika teater berubah manajemen pada awal 1804, dan ia dipaksa untuk pindah sementara ke pinggiran kota Wina dengan temannya Stephan von Breuning. Ini memperlambat pembuatan Fidelio, karyanya terbesar sampai saat ini. Karyanya ini tertunda lagi oleh Austria censor, dan akhirnya tampil perdana pada bulan November 1805 di sebuah rumah yang hampir kosong karena pendudukan Perancis di kota Wina. Selain menjadi kegagalan keuangan, versi Fidelio ini juga mengalami kegagalan yang cukup kritis, dan Beethoven mulai merevisinya.

Selama Mei 1809, ketika pasukan
Napoleon menyerang dan membombardir Wina, menurut Ferdinand Ries, Beethoven sangat khawatir bahwa suara perang akan menghancurkan apa yang tersisa dari pendengarannya, dia bersembunyi di ruang bawah tanah rumah saudaranya, menutup telinga dengan bantal.

Karya periode tengah dipublikasikan Beethoven sebagai master. Dalam review dari 1810, ia diabadikan oleh ETA Hoffmann sebagai salah satu dari tiga besar komposer "Romantic"; Hoffman menyebut Simfoni Kelima Beethoven "salah satu karya yang paling penting dari zaman itu."

Kesulitan pribadi dan keluarga

Kehidupan cinta Beethoven terhambat oleh isu perbedaan kelas. Pada akhir 1801 ia bertemu dengan seorang countess muda, Julie ("Giulietta") Guicciardi melalui keluarga Brunsvik, pada saat ia memberikan pelajaran piano reguler untuk Josephine Brunsvik. Beethoven menyebutkan cintanya kepada Julie di November 1801 melalui surat kepada teman masa kecilnya, Franz Wegeler, tapi ia tidak bisa menikahinya, karena perbedaan kelas. Beethoven kemudian mendedikasikan untuknya Sonata No. 14, sekarang dikenal sebagai the Moonlight sonata atau Mondscheinsonate (dalam bahasa Jerman).

Hubungannya dengan Josephine Brunsvik diperdalam setelah kematian aristokrat suaminya pada 1804, Count Joseph Deym. Beethoven menulis kepada Josephine 15 surat cinta yang penuh gairah dari akhir 1804 sampai 1809-1810. Meskipun perasaannya dibalas secara jelas, Josephine dipaksa oleh keluarganya untuk menarik diri dari Beethoven pada 1807. Dia menyebut "tugas" dan fakta bahwa dia akan kehilangan perwalian anak aristokratnya jika menikahi rakyat biasa. Setelah Josephine menikahi Baron von Stackelberg tahun 1810, Beethoven mungkin telah diusulkan gagal untuk Therese Malfatti, yang mendedikasikan "Für Elise"; statusnya sebagai rakyat biasa mungkin lagi telah mengganggu rencana pernikahannya.


Topeng Beethoven 1812
Pada musim semi 1811 Beethoven mengalami sakit parah, menderita sakit kepala dan demam tinggi. Atas saran dokter, ia menghabiskan enam minggu di the Bohemian spa town of Teplitz. Musim dingin berikutnya, didominasi oleh pembuatan simfoni Ketujuh, ia lagi sakit, dan dokter memerintahkan dia untuk menghabiskan musim panas 1812 di Teplitz spa. Selama ia berada di Teplitz, ia menulis surat cinta untuk "Immortal Beloved.". Identitas penerima yang dimaksud telah lama menjadi subyek perdebatan ; kandidat termasuk Julie Guicciardi, Therese Malfatti, Josephine Brunsvik, dan Antonie Brentano.

Beethoven mengunjungi saudaranya Johann pada akhir Oktober 1812. Dia ingin mengakhiri hidup bersama Johann dengan Therese Obermayer, seorang wanita yang sudah memiliki anak. Ia tidak dapat meyakinkan Johann untuk mengakhiri hubungan itu dan mengajukan banding ke otoritas sipil dan agama setempat. Johann dan Therese menikah pada 9 November.

Beethoven 1814
Pada awal 1813 Beethoven mengalami periode emosiaryaonal yang sulit, dan karya komposisinya menurun. Penampilan pribadinya menurun-umumnya terlihat rapi-seperti sopan santun di depan umum, terutama ketika makan. Beethoven mengurus saudaranya (yang menderita TBC) dan keluarganya, ia mengakui pengeluaran keluarga membuat dia tidak punya uang.

Beethoven akhirnya termotivasi untuk memulai komposisi signifikan lagi pada bulan Juni 1813, ketika  datangnya berita kekalahan salah satu tentara Napoleon di Vitoria, Spanyol, oleh koalisi pasukan di bawah Duke of Wellington. Berita ini mendorong dia untuk menulis simfoni pertempuran yang dikenal sebagai  Wellington's Victory. Pertunjukan sinfoni ini pertama kali dilakukan pada tanggal 8 Desember, bersama dengan Ketujuh Symphonynya, di konser amal untuk korban perang. Pertunjukan itu sangat populer, mungkin karena gaya programmati, yang menghibur dan mudah didengarkan. Simfoni ini dipertunjukan berulang-ulang di konser Beethoven yang dipentaskan pada bulan Januari dan Februari 1814. popularitas Beethoven meningkat yang menyebabkan tuntutan untuk kebangkitan Fidelio, yang dalam proses revisi versi ketiga, juga diterima dengan baik pada pertunjukan pembukaan pada bulan Juli. Musim panas itu ia menyusun sebuah sonata piano untuk pertama kalinya dalam lima tahun (No. 7, Opus 90). Karyanya ini ditandai dengan gaya yang lebih romantis dari sonata sebelumnya. Dia juga merupakan salah satu dari banyak komposer yang menghasilkan musik dalam suasana patriotik untuk menghibur banyak kepala negara dan diplomat yang datang ke Kongres Wina yang dimulai pada November 1814. Karya lagu hanya siklus lagu, "An die Ferne Geliebte, "dan pengaturan ekspresif yang luar biasa kedua dari puisi "An die Hoffnung "(Op. 94) pada tahun 1815. Dibandingkan dengan pengaturan pertama tahun 1805 (hadiah untuk Josephine Brunsvik), itu" jauh lebih dramatis ... Seluruh semangat dari sebuah scena opera. "

Perjuangan hak asuh dan penyakit

Antara 1815 dan 1817 karya Beethoven menurun lagi. Beethoven menderita penyakit yang panjang (ia menyebutnya sebagai "demam inflamasi") yang dia alami lebih dari satu tahun, dimulai pada bulan Oktober 1816. Penulis biografi berspekulasi pada berbagai alasan yang juga berkontribusi pada penurunan ini, termasuk kesulitan dalam kehidupan pribadinya dan kebijakan sensor yang keras dari pemerintah Austria. Penyakit dan kematian saudaranya Carl akibat TBC mungkin juga berperan.


Beethoven 1818
Carl telah sakit selama beberapa waktu, dan Beethoven menghabiskan uang pada 1815 untuk perawatannya. Setelah Carl meninggal pada 15 November 1815, Beethoven segera menjadi terlibat dalam sengketa hukum yang berlarut-larut dengan istri Carl, Johanna, memperebutkan anak mereka Karl, saat itu berusia sembilan tahun. Beethoven menganggap Johanna sebagai orang tua yang tidak layak secara moral (dia punya anak haram dengan seorang sebelum menikahi Carl dan telah dihukum karena pencurian) dan manajemen keuangan yang buruk. Beethoven telah berhasil menerapkan wali tunggal anak untuk Carl. kemudian pengadilan memutuskan Carl dan Johanna memiliki perwalian bersama. Ketika Beethoven berhasil memenangkan keponakannya dalam pengadilan pada bulan Februari 1816, kasus itu tidak sepenuhnya diselesaikan sampai tahun 1820, dan ia sering disibukkan oleh tuntutan litigasi dan kesejahteraan Karl, yang ia ditempatkan di sebuah sekolah swasta .

Sistem pengadilan Austria memiliki satu pengadilan untuk bangsawan dan anggota Landtafel, yang Landrechte, dan banyak pengadilan lain untuk rakyat jelata, di antaranya the Vienna Magistrate. Nama Beethoven memberikan fakta bahwa "van" dalam nama Belanda-nya tidak menunjukkan bangsawan seperti halnya Jerman "von". dan kasusnya diadili di Landrechte. Karena pengaruhnya dalam pengadilan, Beethoven merasa yakin akan diberikan perwalian tunggal. Sementara memberikan bukti kepada Landrechte, bagaimanapun, Beethoven secara tidak sengaja mengakui bahwa ia tidak lahir sebagai bangsawan. Pada 18 Desember 1818 kasus itu dipindahkan ke kehakiman, di mana ia kehilangan perwalian tunggal.

Beethoven mengajukan banding dan kembali ke pengadilan. Banding Johanna untuk Kaisar itu tidak berhasil: Kaisar "cuci tangan dari masalah ini." Selama tahun-tahun pengadilan yang diikuti, Beethoven berusaha untuk memastikan bahwa Karl hidup dengan standar moral yang tertinggi. Beethoven memiliki cara sombong dan sering ikut campur dalam kehidupan keponakannya. Karl mencoba bunuh diri pada 31 Juli 1826 dengan menembak dirinya sendiri di kepala. Dia selamat dan dibawa ke rumah ibunya, di mana ia sembuh. Dia dan Beethoven berdamai, tapi Karl bersikeras bergabung menjadi tentara dan terakhir bertemu Beethoven pada awal 1827.

Karya akhir
Medali bertajuk Beethoven

Beethoven memulai studi dari musik terdahulu, termasuk karya-karya JS Bach dan Handel, yang kemudian diterbitkan dalam edisi lengkap. Dia menyusun pembukaan The Consecration of the House, yang merupakan karya pertama untuk menggabungkan pengaruh ini. Sebuah gaya baru muncul, sekarang disebut "akhir periode" Beethoven. Dia kembali ke piano untuk menulis piano sonata pertamanya dalam hampir satu dekade: karya-karya periode akhir biasanya dipertunjukkan dalam rangkaian lima piano sonata terakhir  dan the Diabelli Variations, dua sonata terakhir untuk cello dan piano,  the late string quartets, dan dua karya untuk force yang sangat besar :  the Missa Solemnis dan the Ninth Symphony.

Pada awal 1818 kesehatan Beethoven telah membaik, dan keponakannya pindah dengan dia pada bulan Januari. Pada sisi negatifnya, pendengarannya telah memburuk ke titik yang sangat sulit untuk percakapan, dimana memerlukan penggunaan buku percakapan. Manajemen rumah tangganya juga agak membaik; Nanette Streicher, yang membantu dalam perawatan selama ia sakit, terus memberikan dukungan, dan ia akhirnya menemukan seorang juru masak yang terampil. Karya musiknya pada tahun 1818 masih agak berkurang, tapi termasuk koleksi lagu dan Sonata "Hammerklavier", serta sketsa untuk dua simfoni yang akhirnya menyatu ke dalam the epic Ninth. Pada tahun 1819 ia kembali disibukkan oleh proses hukum Karl, dan mulai membuat the Diabelli Variations dan the Missa Solemnis.

Selama beberapa tahun selanjutnya ia terus menyusun komposisi Missa, menyusun piano sonata dan Bagatelles untuk memenuhi tuntutan penerbit dan kebutuhan untuk pendapatan, dan menyelesaikan the Diabelli Variations. Dia sakit lagi untuk waktu yang panjang pada tahun 1821, dan menyelesaikan Missa pada tahun 1823, tiga tahun setelah tanggal jatuh tempo. Dia juga membuka diskusi dengan penerbit di atas kemungkinan memproduksi edisi lengkap karyanya, sebuah ide yang bisa dibilang tidak sepenuhnya disadari sampai 1971. Saudara Beethoven, Johann, mulai mengambil tangan dalam urusan bisnisnya, seperti Carl sebelumnya, menemukan karya yang tidak dipublikasikan sebelumnya untuk ditawarkan dipublikasikan dan menawarkan Missa ke beberapa penerbit dengan tujuan mendapatkan harga yang lebih tinggi.

Beethoven 1823
Dua komisi tahun 1822 meningkatkan prospek keuangan Beethoven. Philharmonic Society of London menawarkan komisi untuk simfoni, dan Pangeran Nikolas Golitsin dari St. Petersburg menawarkan untuk membayar Beethoven untuk three string quartets. Komisi yang pertama memacu Beethoven untuk menyelesaikan the Ninth Symphony, yang pertama kali dipertunjukan, bersama dengan Missa Solemnis, pada 7 Mei 1824, dan mendapat pujian di Kärntnertortheater. The Allgemeine Musikalische Zeitungberkomentar, "genius tak habis-habisnya telah menunjukkan kepada kita sebuah dunia baru," dan Carl Czerny menulis bahwa simfoni Beethoven "bernafas segar, hidup, memang muda semangat ... begitu banyak kekuasaan, inovasi, dan keindahan seperti datang dari kepala manusia ini, meskipun ia tentu kadang-kadang menggelengkan kepala mereka." Tidak seperti konser yang lebih menguntungkan sebelumnya, ini tidak membuat Beethoven banyak uang, karena biaya pemasaran secara signifikan lebih tinggi. Sebuah konser kedua pada 24 Mei, dimana produsen menjamin Beethoven dengan biaya minimum, sangat sedikit dihadiri oleh penonton.; keponakan Karl mencatat bahwa "banyak orang telah pergi ke daerah." Itulah konser publik terakhir Beethoven.
Beethoven kemudian beralih menulis  the string quartets for Golitsin. Rangkaian kuartet, yang dikenal sebagai "Quartets Akhir," jauh melampaui apa yang musisi atau penonton harapkan pada waktu itu. Salah satu musisi berkomentar bahwa "kita tahu ada sesuatu di sana, tapi kita tidak tahu apa itu." Komposer Louis Spohr memanggilnya "tak terbaca, kengerian tidak terkoreksi." Komentar telah berubah dari waktu ke waktu dari penerimaan pertama mereka bingung: bentuk dan ide-ide mereka menginspirasi musisi dan komposer termasuk Richard Wagner dan Béla Bartók, dan terus melanjutkannya. Dari kuartet akhir, favorit Beethoven adalah the Fourteenth Quartet, op. 131 in C♯ minor, yang dinilai sebagai karya tunggal yang paling sempurna. Keinginan terakhir Schubert adalah mendengar the Op. 131 quartet, yang ia lakukan pada 14 November 1828, lima hari sebelum kematiannya.

Beethoven menulis kuartet terakhir dengan kondisi kesehatan yang terus menurun. Pada April 1825 ia terbaring di tempat tidur, dan tetap sakit selama sekitar satu bulan. Penyakit-atau lebih tepatnya, pemulihan dari itu-dikenang karena telah melahirkan karya dengan gerakan lambat yang sangat terasa yaitu the Fifteenth Quartet, yang Beethoven disebut "Holy song of thanks" ('Heiliger Dankgesang') untuk ilahi, dari satu karya  yang dibuat sangat baik." Dia melanjutkan untuk menyelesaikan kuartet Thirteenth, Fourteenth, dan Sixteenth. Karya terakhir Beethoven selesai adalah gerakan akhir mengganti Thirteenth Quartet, yang menggantikan Große Fuge yang sulit. Tak lama kemudian, pada bulan Desember tahun 1826, penyakitnya menyerang lagi, dengan muntah dan diare yang hampir mengakhiri hidupnya.

Pada tahun 1825, sembilan simfoninya dipertunjukan dalam satu pertunjukan untuk pertama kalinya, oleh Leipzig Gewandhaus Orchestra dibawah arahan Johann Philipp Christian Schulz. Pertunjukan ini diulang pada tahun 1826.

Penyakit dan kematian


Beethoven terbaring di tempat tidur pada beberapa bulan akhir hidupnya, dan banyak teman datang untuk mengunjunginya. Dia meninggal pada 26 Maret 1827 pada usia 56 disaat badai. Temannya Anselm Hüttenbrenner, yang hadir pada saat itu, mengatakan bahwa ada gemuruh guntur pada saat kematiannya. Otopsi mengungkapkan kerusakan hati yang signifikan, mungkin karena mengkonsumsi alkohol yang sangat banyak. Hal ini juga mengakibatkan pelebaran dari pendengaran dan saraf terkait lainnya. 
Makam Beethoven

Prosesi pemakaman Beethoven pada 29 Maret 1827 dihadiri oleh sekitar 20.000 warga Wina. Franz Schubert, yang meninggal pada tahun berikutnya dan dimakamkan di samping Beethoven, adalah salah satu pembawa obornya. Beethoven dimakamkan di kuburan khusus di pemakaman Wahring, utara-barat dari Vienna, setelah misa requiem di Gereja Tritunggal Kudus (Dreifaltigkeitskirche). Jenazahnya digali untuk studi pada tahun 1862, dan dipindahkan pada tahun 1888 ke Wina Zentralfriedhof. Pada tahun 2012, crypt-nya diperiksa untuk melihat apakah giginya telah dicuri selama serangkaian perampokan makam komposer Wina terkenal lainnya. 

Ada perselisihan tentang penyebab kematian Beethoven. Sirosis alkoholik, sifilis, hepatitis menular, keracunan timbal, sarkoidosis dan penyakit Whipple, semuanya diperkirakan. Teman-teman dan pengunjung sebelum dan sesudah kematiannya memotong rambutnya, beberapa di antaranya telah diawetkan dan dikenakan analisis tambahan, seperti fragmen tengkorak dihapus selama penggalian1862. Beberapa analisis ini telah menyebabkan pernyataan kontroversial bahwa Beethoven tidak sengaja diracun sampai mati dengan dosis berlebihan selama perawatan di bawah instruksi dari dokternya. 

Karya Beethoven

Arietta: "Der Kuß" (The Kiss); "Ich var bei Chloen ganz allein"
Arietta: "Hoffnung"; "Dimmi, ben mio, che m’ami"
Arietta: "L’amante impatiente (Liebesungeduld)", Arietta assai seriosa; "Che fa il mio bene?"
Arietta: "L’amante impatiente (Stille Frage)", Arietta buffa; "Che fa il mio bene?"
Arietta: "Liebes-Klage"; "T’intendo, si, mio cor"
 

Bagatelle for Piano in A flat major: Presto; #7 of 7 Bagatelles
Bagatelle for Piano in A major: Allegramente; #10 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in A major: Andante cantabile; #4 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in A major: Andante; #4 of 7 Bagatelles
Bagatelle for Piano in A major: Vivace moderato; #9 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in B flat major: Andante, ma non troppo; #11 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in B minor: Presto; #4 of 6 Bagatelles
Bagatelle for Piano in C major: Allegro ma non troppo; #5 of 7 Bagatelles
Bagatelle for Piano in C major: Allegro, ma non troppo; #7 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in C major: Andante con moto; #2 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in C major: Moderato cantabile; #8 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in C major: Scherzo; #2 of 7 Bagatelles
Bagatelle for Piano in C minor: Risoluto; #5 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in D major: A l’Allemande; #3 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in D major: Allegretto quasi andante; #6 of 7 Bagatelles
Bagatelle for Piano in E flat major: Andante grazioso quasi allegretto; #1 of 7 Bagatelles
Bagatelle for Piano in E flat major: Andante; #3 of 6 Bagatelles
Bagatelle for Piano in E flat major: Presto-andante; #6 of 6 Bagatelles
Bagatelle for Piano in F major: Allegretto; #3 of 7 Bagatelles
Bagatelle for Piano in G major: Andante con moto; #1 of 6 Bagatelles
Bagatelle for Piano in G major: Andante-Allegretto; #6 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in G major: Quasi allegretto; #5 of 6 Bagatelles
Bagatelle for Piano in G minor: Allegretto; #1 of 11 Bagatelles
Bagatelle for Piano in G minor: Allegro; #2 of 6 Bagatelles
 

Ballet Music and overture: "Die Geschöpfe des Prometheus" (The Creatures of Prometheus); also arranged for piano Hess 90
 

Battle Symphony: "Wellingtons Sieg, oder die Schlacht bei Vittoria" (Wellington’s Victory, or the Battle of Vittoria); originally written for panharmonikon, Hess 108
 

Cantata: "Der glorreiche Augenblick" (The Glorious Moment)
Cantata: "Meeresstille & glückliche Fahrt" (Calm Sea & Prosperous Voyage)
 

Choral Part-Song for Orchestra, Chorus & Solo Voice(s): "Opferlied" (Sacrificial Song) "Die Flamme lodert"; called Opus 121b; 2 versions: 1822 & 1824, with different scorings; also see WoO 126 & Hess 91
Choral Part-Song for Solo Voice(s) & Instrument(s): "Elegischer Gesang" (Elegiac Song); for 4 Voices with String Qrt or Piano
 

Concerto for Piano & Orchestra in D major: after the Violin Concerto (same Opus)
Concerto for Piano, Violin, Cello & Orchestra in C major: "Tripelkonzert" (Triple Concerto)
Concerto for Violin & Orchestra in D major: also arranged as a piano concerto (same Opus)
Concerto No. 1 for Piano & Orchestra in C major
Concerto No. 2 for Piano & Orchestra in B flat major
Concerto No. 3 for Piano & Orchestra in C minor
Concerto No. 4 for Piano & Orchestra in G major
Concerto No. 5 for Piano & Orchestra in E flat major: "Emperor"
 

Duet: "Lebensgenuß"; "Odi l’aura che dolce sospira"
 

Easy Piano Sonata No. 19 in G minor
Easy Piano Sonata No. 20 in G major
 

Fantasia for Piano in G minor
Fantasia for Piano, Chorus & Orchestra in C minor: "Chorfantasie" (Choral Fantasy)
 

Folksong Setting: "Again, my Lyre, yet once again" (Scottish)
Folksong Setting: "Behold, my Love"; "Behold my Love how green the groves" (Scottish)
Folksong Setting: "Bonnie Laddie, Highland Laddie"; "Where got ye that siller moon" (Scottish)
Folksong Setting: "Come fill, fill, my good fellow!" (English)
Folksong Setting: "Could this ill world have been contriv’d" (Scottish)
Folksong Setting: "Dim, dim is my eye" (Scottish)
Folksong Setting: "Enchantress, farewell" (Scottish)
Folksong Setting: "Faithfu’ Johnie"; "When will you come again" (Scottish) (2nd version); 1st version is Hess 203
Folksong Setting: "Jeanie’s Distress"; "By William late offended" (Scottish)
Folksong Setting: "Music, Love and Wine"; "O let me music hear, night and day!" (Scottish)
Folksong Setting: "O cruel was my father" (Scottish)
Folksong Setting: "O Mary, at thy window be" (Scottish)
Folksong Setting: "O sweet were the hours" (Scottish)
Folksong Setting: "O swiftly glides the bonny boat" (Scottish)
Folksong Setting: "O! thou art the lad of my heart, Willy" (Scottish)
Folksong Setting: "O, had my fate been join’d with thine" (Scottish)
Folksong Setting: "O, how can I be blithe and glad" (Scottish)
Folksong Setting: "Sally in our Alley"; "Of all the girls that are so smart" (Scottish)
Folksong Setting: "Sunset"; "The sun upon the Weirdlaw Hill" (Scottish)
Folksong Setting: "Sympathy"; "Why, Julia, say, that pensive mien?" (Scottish)
Folksong Setting: "The Highland Watch"; "Old Scotia, wake thy mountain strain" (Scottish)
Folksong Setting: "The lovely lass of Inverness" (Scottish)
Folksong Setting: "The Maid of Isla"; "O maid of Isla from yon cliff" (Scottish)
Folksong Setting: "The Shepherd’s Song"; "The gowan glitters on the sward" (Scottish)
Folksong Setting: "The sweetest lad was Jamie" (Scottish)
Fugue for Piano Duet: Große Fuge for Piano Four Hands, after Opus 133
Fugue for String Quartet in B flat major: "Große Fuge" (Great Fugue)
Fugue for String Quintet in D major
 

Incidental Music for Solo Voice(s) & Orchestra: "Egmont", Incidental Music to Goethe’s Tragedy
 

March for Orchestra & Chorus: for "Die Weihe des Hauses"; 1822 adaptation of no. 6 from "Die Ruinen von Athen"
March for Piano Duet in C major
March for Piano Duet in D major
March for Piano Duet in E flat major
 

Mass in C major
Mass in D major: "Missa Solemnis"
 

Music for a drama for Orchestra, Chorus & Solo Voice(s): for Kotzebue’s "Die Ruinen von Athen" (The Ruins of Athens)
Music for a drama for Orchestra, Chorus & Solo Voice(s): music to Kotzebue’s festival play "König Stephan oder Ungarns erster Wohhtäter" (King Stephen or Hungary’s First Benefactor)
 

Notturno for Piano & Viola in D major: after Opus 8; arranged by Franz Xaver Kleinheinz
 

Octet for Oboes, Clarinets, Horns & Bassoons in E flat major: revised in 1796 as the String Quintet Opus 4
 

Opera: "Fidelio", Opera in 2 Acts, with overture "Fidelio"
Opera: "Leonore, oder Der Triumph der ehelichen Liebe" (Leonore, or The Triumph of Married Love); 1805 version of "Fidelio"with overture "Leonore II"
Opera: "Leonore, oder Der Triumph der ehelichen Liebe" (Leonore, or The Triumph of Married Love); 1806 version of "Fidelio" with overture "Leonore III"
 

Oratorio: "Christus am Ölberge" (Christ on the Mount of Olives)
 

Overture in C major: "Die Weihe des Hauses" (The Consecration of the House)
Overture in C major: "Leonore I"
Overture in C major: "Zur Namensfeier" (Name-Day)
Overture in E flat major: "König Stephan" (King Stephen)
Overture in F minor: "Egmont", Incidental Music to Goethe’s Tragedy
Overture: "Coriolan"
Overture: "Die Ruinen von Athen" (The Ruins of Athens)
Overture: "Fidelio" called Opus 72b
Overture: "Leonore II" ; written for 1805 version of "Leonore"
Overture: "Leonore III", called Opus 72a; written for 1806 version of "Leonore"
 

Piano Quartet in E flat major
 

Piano Sonata No. 1 in F minor: second movement uses material from the Piano Quartet WoO 36 #3
Piano Sonata No. 10 in G major
Piano Sonata No. 11 in B flat major
Piano Sonata No. 12 in A flat major: "Funeral March"; third movement arranged for "Leonore Prohaska" WoO 96
Piano Sonata No. 13 in E flat major: "Sonata quasi una Fantasia"
Piano Sonata No. 14 in C sharp minor: "Mondschein-Sonate" (Moonlight); "Sonata quasi una Fantasia"
Piano Sonata No. 15 in D major: "Pastorale"
Piano Sonata No. 16 in G major
Piano Sonata No. 17 in D minor: "Sturm-Sonate" (Tempest)
Piano Sonata No. 18 in E flat major
Piano Sonata No. 2 in A major
Piano Sonata No. 21 in C major: "Waldstein-Sonate"; "Aurora"; the "Andante favori" WoO 57 was originally intended to be this work’s slow movement
Piano Sonata No. 22 in F major
Piano Sonata No. 23 in F minor: "Appassionata"
Piano Sonata No. 24 in F sharp major: "À Thérèse"
Piano Sonata No. 25 in G major
Piano Sonata No. 26 in E flat major: "Les Adieux"; "Das Lebewohl, Abwesenheit und Wiedersehen"; called Opus 81a
Piano Sonata No. 27 in E minor
Piano Sonata No. 28 in A major
Piano Sonata No. 29 in B flat major: "Hammerklavier-Sonate"
Piano Sonata No. 3 in C major: first movement uses material from the Piano Quartet WoO 36 #3
Piano Sonata No. 30 in E major
Piano Sonata No. 31 in A flat major
Piano Sonata No. 32 in C minor
Piano Sonata No. 4 in E flat major
Piano Sonata No. 5 in C minor: also see WoO 52, WoO 53 and Hess 69
Piano Sonata No. 6 in F major
Piano Sonata No. 7 in D major
Piano Sonata No. 8 in C minor: "Pathétique"
Piano Sonata No. 9 in E major: also arranged for String Quartet Hess 34
 

Piano Trio in B flat major: "Erzherzogs-Trio" (Archduke)
Piano Trio in D major: "Geister-Trio" (Ghost)
Piano Trio in E flat major
Piano Trio in E flat major: after the string quintet Opus 4; arranged by someone else, possibly without Beethoven’s knowledge
Piano Trio No. 1 in E flat major
Piano Trio No. 2 in G major
Piano Trio No. 3 in C minor: later arranged for string quintet as Opus 104
 

Polonaise for Piano in C major
 

Prelude for Piano or Organ in C major: through the 12 major keys
Prelude for Piano or Organ in C major: through the 12 major keys
 

Quintet for Piano, Oboe, Clarinet, Horn & Bassoon in E flat major
 

Romance No. 1 for Violin & Orchestra in G major
Romance No. 2 for Violin & Orchestra in F major
 

Rondo A Capriccio for Piano in G major: "Die Wut über den verloren Groschen" (Rage over a Lost Penny); completed by an unknown editor (probably Diabelli)
Rondo for Piano in C major
Rondo for Piano in G major
 

Scene & Aria: "Ah! Perfido"; for soprano with orchestra
Septet for Clarinet, Bassoon, Horn, Violin, Viola, Cello, Bass in E flat major: also arranged for piano trio Opus 38
 

Serenade for Flute, Violin & Viola in D major: (transcribed later for Flute & Piano Opus 41)
Serenade for Piano & Flute in D major: after the Serenade Opus 25; arranged by Franz Xaver Kleinheinz
Serenade for String Trio in D major: (arranged later for piano & viola Opus 42)
 

Sextet for Clarinets, Horns & Bassoons in E flat major
Sextet for Horns, Violins, Viola & Cello in E flat major: called Opus 81b
 

Sonata for Piano & Cello in E flat major: after the string trio Opus 3; ; arranged by someone else, possibly without Beethoven’s knowledge, but some authorities believe it is probably genuine
Sonata for Piano & French Horn in F major
Sonata for Piano Duet in D major
Sonata No. 1 for Piano & Cello in F major
Sonata No. 1 for Piano & Violin in D major
Sonata No. 10 for Piano & Violin in G major
Sonata No. 2 for Piano & Cello in G minor
Sonata No. 2 for Piano & Violin in A major
Sonata No. 3 for Piano & Cello in A major
Sonata No. 3 for Piano & Violin in E flat major
Sonata No. 4 for Piano & Cello in C major
Sonata No. 4 for Piano & Violin in A minor
Sonata No. 5 for Piano & Cello in D major
Sonata No. 5 for Piano & Violin in F major: "Frühlings - Sonate" (Spring)
Sonata No. 6 for Piano & Violin in A major
Sonata No. 7 for Piano & Violin in C minor
Sonata No. 8 for Piano & Violin in G major
Sonata No. 9 for Piano & Violin in A major: "Kreutzer - Sonate"
 

Song Cycle: "An die ferne Geliebte" (To the Distant Beloved), #1 of 6: "Auf dem Hügel sitz’ ich, spähend"
Song Cycle: "An die ferne Geliebte" (To the Distant Beloved), #2 of 6: "Wo die Bergen so blau"
Song Cycle: "An die ferne Geliebte" (To the Distant Beloved), #3 of 6: "Leichte Segler in den Höhen"
Song Cycle: "An die ferne Geliebte" (To the Distant Beloved), #4 of 6: "Diese Wolken in den Höhen"
Song Cycle: "An die ferne Geliebte" (To the Distant Beloved), #5 of 6: "Es kehret der Maien, es blühet die Au"
Song Cycle: "An die ferne Geliebte" (To the Distant Beloved), #6 of 6: "Nimm sie hin denn, diese Lieder"
 

Song: "Adelaide"; "Einsam wandelt dein Freund"
Song: "An den fernen Geliebten"; "Einst wohnten süsse Ruh’"
Song: "An die Hoffnung" (To Hope); from Tiedge’s "Urania" (Ob ein Gott sei?/Die du so gern) (2nd setting); 1st setting is Opus 32
Song: "An die Hoffnung"; from Tiedge’s "Urania"; "Die du so gern in heilgen Nächten feierst" (1st setting); 2nd setting is Opus 94
Song: "Aus Goethes Faust" (Mephisto’s Song of the Flea); "Es war einmal ein König"
Song: "Bitten" (Prayer); "Gott, deine Güte reicht so weit"
Song: "Bundeslied" (Song of Fellowship) for 2 solo voices, chorus & wind instruments; Hess 92 is a piano accompaniment version
Song: "Bußlied" (Song of Repentance); "An dir allein, an dir hab ich gesündigt"
Song: "Das Blümchen Wunderhold"; "Es blüht ein Blümchen irgendwo"
Song: "Das Liedchen von der Ruhe" (The Song of Rest); "Im Arm der Liebe ruht sich’s wohl"
Song: "Der Mann von Wort" (The Man of his Word); "Du sagtest, Freund"
Song: "Der Zufriedene" (The Contented Man); "Zwar schuf das Glück hienieden"
Song: "Die Ehre Gottes aus der Natur" (God’s Glory told in Nature); "Die Himmel rühmen des Ewigen Ehre"
Song: "Die Liebe des Nächsten" (Love of my neighbor); "So jemand spricht: Ich liebe Gott!"
Song: "Die Liebe" (Love); "Ohne Liebe lebe wer da kann"
Song: "Feuerfarb’"; "Ich weiß eine Farbe"
Song: "Gottes Macht und Vorsehung" (God’s Might and Providence); "Gott ist mein Leid!"
Song: "Gretels Warnung"; "Mit Liebesblick und Spiel"
Song: "Maigesang (Mailied)" (Maysong); "Wie herrlich leuchtet mir dir Natur"
Song: "Marmotte"; "Ich komme schon durch manches Land"
Song: "Merkenstein"; duo (2nd setting); 1st setting is WoO 144
Song: "Mignon" "Kennst du das Land"
Song: "Mit einem gemalten Band" (With a painted ribbon); "Kleine Blumen, kleine Blätter streuen wir mit leichter Hand"
Song: "Mollys Abschied"; "Lebe wohl, du Mann"
Song: "Neue Liebe, neues Leben" (New love, new life); "Herz, mein Herz, was soll das geben?" (2nd setting); 1st setting is WoO 127
Song: "Sensucht" (Yearning); "Was zieht mir das Herz so?"
Song: "Urians Reise um die Welt"; "Wenn jemand eine Reise tut"
Song: "Vita felice", "Das Gluck der Freundschaft (Lebensglück)" (The Joy of Friendship) "Der lebt ein Leben wonniglich"
Song: "Vom Tode" (Of Death); "Meine Lebenszeit verstreicht"
Song: "Wonne der Wehmut" (The joy of melancholy); "Trocknet nicht, Tränen der ewigen Liebe!"
 

String Quartet No. 1 in F major: Hess 32 is an early version
String Quartet No. 10 in E flat major: "Harfenquartett" (Harp)
String Quartet No. 11 in F minor: "Quartetto serioso"
String Quartet No. 12 in E flat major
String Quartet No. 13 in B flat major: alternate finale for String Quartet #13, Opus 130
String Quartet No. 13 in B flat major: String Quartet with Große Fuge
String Quartet No. 14 in C sharp minor
String Quartet No. 15 in A minor
String Quartet No. 16 in F major
String Quartet No. 2 in G major: "Compliments Quartet"
String Quartet No. 3 in D major
String Quartet No. 4 in C minor
String Quartet No. 5 in A major
String Quartet No. 6 in B flat major
String Quartet No. 7 in F major: "Rasumowsky-Quartett" (Razumovsky) #1
String Quartet No. 8 in E minor: "Rasumowsky-Quartett" (Razumovsky) #2
String Quartet No. 9 in C major: "Rasumowsky-Quartett" (Razumovsky) #3
String Quintet in C major
String Quintet in C minor: after the Piano Trio Opus 1 #3
String Quintet in E flat major: after the Octet Opus 103
 

String Trio in C minor
String Trio in D major
String Trio in E flat major: an incomplete piano trio arrangement exists as Hess 47; also Hess 25 may be an earlier version of the finale
String Trio in G major: Hess 28 is a second Trio for the Scherzo
 

Symphony No. 1 in C major
Symphony No. 2 in D major
Symphony No. 3 in E flat major: "Eroica"
Symphony No. 4 in B flat major
Symphony No. 5 in C minor
Symphony No. 6 in F major: "Pastorale" (Pastoral)
Symphony No. 7 in A major
Symphony No. 8 in F major
Symphony No. 9 in D minor: "Choral"
 

Trio for Oboes & English Horn in C major
Trio for Piano, Clarinet or Violin, & Cello in B flat major
Trio for Piano, Clarinet or Violin, & Cello in E flat major: after the Septet Opus 20
Trio for Solo Voice(s) & Orchestra: "Tremate, empi, tremate"; for soprano, tenor, & bass with orchestra
 

Variations for Piano & Flute or Violin in A minor: theme & 6 variations on a Russian air "Schöne Minka"; #7 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in C major: on an Austrian air "A Schüssel und a reindel ist all mein Kuchelg’schirr"; #3 of 6 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in C minor: on a Scottish air "Von edlem Geschlecht war Shinken"; #2 of 6 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in D major: on an Irish air "Paddy Whack"; #6 of 6 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in D major: theme & 4 variations on a Scottish air "O, Mary at thy window be"; #8 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in E flat major: on an Irish air "Chiling O’Guiry": #5 of 6 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in E flat major: on an Irish air "The Last Rose of Summer"; #4 of 6 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in E flat major: theme & 4 variations on a Tyrolian air "l bin a Tiroler Bua"; #1 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in E flat major: theme & 4 variations on a Welsh air "Merch Megan", "Peggy’s Daughter": #6 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in E flat major: theme & 5 variations on a Scottish air "Oh, Thou art the Lad of my Heart"; #9 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in F major: theme & 3 variations on a Tyrolian air "A Madel, ja a Madel": #5 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in F major: theme & 4 variations on a Scottish air "Bonnie Laddie, Highland Laddie"; #2 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in F major: theme & 4 variations on an Irish air "St Patrick’s Day"; #4 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in G major: on a Welsh air "The Cottage Maid"; #1 of 6 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in G major: theme & 5 variations on a Russian air; #3 of 10 Themes & Variations
Variations for Piano & Flute or Violin in G minor: theme & 5 variations on a Scottish air "The Highland Watch"; #10 of 10 Themes & Variations


10 Variations for Piano Trio in G major: on Wenzel Müller’s song "Ich bin der Schneider Kakadu" (I’m Cockatoo, the Tailor) from "Die Schwestern von Prag"; called Opus 121a
12 Variations for Piano & Cello in F major: on "Ein Mädchen oder Weibchen" from Mozart’s "Zauberflöte"
14 Variations for Piano Trio in E flat major: on a theme from Dittersdorf’s "Das rote Käppchen"
15 Variations with Fugue for Piano in E flat major: "Eroica-Variationen"; on a theme from the ballet "Die Geschopfe des Prometheus"
33 Variations for Piano in C major: on a Waltz by Diabelli
6 Variations for Piano in D major: on a original theme, used again for "The Ruins of Athens" Opus 113
6 Variations for Piano in F major: on an original theme


Sumber : Wikipedia dan LVBeethoven

No comments:

Post a Comment